Telusuri Info

Pengertian dan Fungsi Hotel Terbaru - menurut Ahli

 

Salam luarbisa gan✋,nah kali ini di postingan pertama, saya akan sedikit membahas tentang Pengertian dan Fungsi hotel.





pasti nya,banyak diantara kita yang sudah biasa mendengar kata hotel ataupun perhotelan, itu kaci kaci saja atau kata istilahnya sah sah saja, namun banyak dari kita yang tidak mengetahui apa itu hotel.


Adapun pengertian  hotel cukup beragam nih gan oleh karena itu mari kita simak step by step.


1. Menurut Keputusan Menteri Parpostel no Km94/HK103/MPPT 1987,

    Hotel merupakan salah satu jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau keseluruhan bagian untuk jasa pelayanan penginapan,penyedia makanan dan minuman juga jasa lainya baik untuk masyarakat umum maupun wisatawan asing yang dikelola secara komersil.


2. BerdasarkanWikipedia

    Hotel berasal dari kata hostel,konon diambil dari bahasa perancis kuno yang artinya tempat penampungan untuk pendatang atau sebuah bangunan sebagai penyedia pondokan dan makanan untuk umum.


3. Menurut Endar Sri,1996:8, 

 hotel adalah suatu bangunan yang dikelola secara komersil guna memberikan fasilitas penginapan kepada masyarakat umum dengan fasilitas antara lain jasa penginapan, pelayanan barang bawaan, pelayanan makanan dan minuman, pengugunaan fasilitas perabot dan hiasan-hiasan yang ada di dalamnya serta bebrapa jasa.


4. Menurut Lawson,1976:27,

   Penginapan adalah sarana tempat tinggal umum untuk wisatawan dengan memberikan pelayanan jasa kamar pendia makanan dan minuman serta akomodasi dengan syarat pembayaran yang sudah di tentukan.


Dari beberapa pengertian diatas maka dapat kita ambil secara keseluruhan bahwa hotel secara umum adalah bandan usaha akomodasi atau perusahaan yang menyediakan pelayanan bagi masyarakat umum maupun wisatawan asing dengan fasilitas jasa penginapan,penyedia makanan dan minuman,dan beberapa jasa yang tersedia di hotel tersebut.


Hotel memiliki beberapa katakteristik diantaranya :


    Hotel tergolong kedalam perusahaan yang padat modal serta padat karya yang artinya dalam pengelolahanya memerlukan modal usaha yang besar dengan tenaga pekerja yang banyak pula.

    Klien/tamu diperlakukan seperti raja dan klien juga diperlukan sebagai patner bisnis karena keuntungan usaha tergantung pada banyaknya klien yang menggunakan fasilitas hotel tersebut.

    Hotel berbeda dengan usaha lainnya dimana dalam beroprasi hotel berlangsung selama 24 jam perhari,tanpa adanya hari libur guna melayani pelanggan hotel dan masyarakat umum yang menggunakan jasa hotel.

    Sangat dipengaruhi oleh keadaan dan perubahan yang terjadi pada sektor ekonomi,politik,sosial,budaya,dan keamanan dimana hotel tersebut berada.

Demikian ulasan singkat seputar pengertian  perhotelan,semoga artikel ini bermanfaat dan menambah beberapa wawasan.


simak terus info menarik lainya terimakasih atas kunjungan anda sampai jumpa di postingan berikutnya.



Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian dan Fungsi Hotel Terbaru - menurut Ahli"

Posting Komentar